Apa saja sihh permainan-permainan edukatif yang dapat diberikan kepada siswa-siswi SD?

Apakah pemaparan materi yang dijelaskan oleh Bapak/Ibu guru terlalu monoton sehingga membuat para siswa-siswi SD menjadi bosan untuk melakukan proses pembelajaran di kelas?.Pernahkah Bapak/Ibu menerapkan permainan-permainan edukatif yang menarik perhatian siswa-siswi SD di kelas?
Nah, perlu Bapak/Ibu ketahui bahwa siswa siswi itu mudah sekali merasa bosan jika mendengarkan pembahasan materi yang terlalu monoton yang mana akan membuat siswa tidak antusias dalam melaksanakan pembelajaran dikelas. Maka dari itu tugas kita adalah mengevaluasi diri tentang “Bagaimana sihh menjadi seorang guru/pendidik yang mengasikkan dan membuat para siswa siswi antusias dan tidak mudah bosan dalam mengikuti proses pembelajaran ???”.
Bapak/Ibu guru tahu tidak di zaman yang semakin hari semakin canggih ini, Marilah kita mengenalkan kepada siswa sedikit demi sedikit tentang manfaat penggunaan teknologi digital dalam proses belajar mengajar dikelas agar lebih mengasikkan. Ada beberapa aplikasi/web yang berisi permainan-permainan edukatif yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dikelas, terlebih kepada siswa SD karena di aplikasi/web ini berisi tampilan lucu dan juga menarik yang mana dijamin para siswa-siswi SD tidak akan bosan dalam mengikuti pembelajaran dikelas bahkan dapat membuat siswa-siswi ketagihan dalam belajar, dapat menambah wawasan dalam dunia perteknologian, dan yang terpenting siswa-siswi dapat lebih tambah antusias untuk mengikuti proses belajar mengajar di kelas.
Apa saja sihh aplikasi/web yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dikelas itu???
Berikut beberapa aplikasi/web yang dapat Bapak/Ibu guru gunakan dalam proses pembelajaran di kelas terkhusus dikelas SD :
1. CANVA
Nah kenapa sih Bapak/Ibu guru dapat menggunakan Canva sebagai sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai permainan edukasi bagi siswa SD? Karena aplikasi Canva ini bukan hanya bisa digunakan untuk membuat powerpoint, poster, infografis, dll. Tetapi dalam aplikasi Canva ini juga bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah aplikasi/permainan yang kita modifikasi sendiri sesuai keinginan kita yang mana nanti akan mempermudah dan juga menjadikan siswa menjadi lebih semangat belajar.
2. QUIZIZZ
Apa sihh itu Quizizz?? Quizizz adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat sebuah kuis interaktif agar pembelajaran dapat berjalan lebih baik dan mengasikkan. Quizizz ini dapat digunakan untuk pemberian tugas kepada siswa dalam jarak jauh. Quizizz juga dilengkapi dengan karakter-karakter yang menarik dan lucu, yang mana dapat menarik perhatian para siswa.
3. WORDWALL
Apa Wordwall itu??? Wordwall adalah sebuah aplikasi berbasis web yang dilengkapi dengan fitur game dan juga kuis. Nah di Wordwall ini kita dapat membuat sebuah kumpulan soal yang menarik untuk nanti akan ditampilkan kepada siswa. Selain itu, di Wordwall juga banyak sekali fitur game yang dapat digunakan untuk siswa karena di fitur game tersebut tidak hanya sebagai permainan semata, tetapi nanti ditengah permainan kita akan disuruh menjawab soal terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan permainan lagi. Mengasikkan bukaann…
4. ANIMATE DRAWINGS
Animate Drawings adalah sebuah Web ini dapat membuat sebuah sekumpulan gambar yang telah disusun/dibuat oleh siswa menjadi bergerak sesuai alur pergerakan yang sudah ditentukan. Nah dengan adanya web ini kita sebagai guru dapat mengapresiasi hasil gambaran yang telah dibuat oleh siswa-siswi.
Nah, selain dengan menggunakan permainan berbasis teknologi Bapak/Ibu guru juga dapat menggunakan permainan-permainan Non Teknologi. Ada banyak sekali permainan-permainan Non Teknologi yang dapat Bapak/Ibu guru terapkan dalam pembelajaran di kelas. Pembelajaran Non Teknologi juga tidak kalah mengasikkan lhoo…
Pembelajaran Berbasis Permainan Non Teknologi merupakan metode pembelajaran yang tidak menggunakan teknologi digital yang mana metode permainan ini melibatkan siswa secara langsung dapat meningkatkan pemahaman dan cara berfikir kritis siswa. Permainan-permainan tersebut dapat dibuat berdasarkan kreatifitas dari Bapak/Ibu guru sendiri. Misalnya, guru menyiapkan jajan yang telah dikaitkan dengan tali sementara itu diujung tali sudah tersedia kertas kecil berisi soal yang mana nanti tiap anak disuruh untuk mengambil sebuah jajan yang berisi soal tersebut lalu mengerjakan soal yang telah ada. Atau mungkin bisa Bapak/Ibu guru menyiapkan sebuah rumus matematika/ kosakata Bahasa inggris, nanti siswa disuruh untuk mencocokkan dengan pasangannya dan masih banyak lagi permainan-pemainan edukatif yang dapat Bapak/Ibu guru terapkan disekolah kepada siswa.
Penulis : Khayla Marsha Ramadhani
Editor : Tim Website PGSD